Friday, March 25, 2011

Menggunakan Antivirus Ganda, Baik gak ya?

Om Swastyastu

Mengawali posting saya ini, saya mengucapkan terimakasih kepada para pembaca sebab mau membaca blog saya yang bisa dibilang butut ini. 

Nah kali ini saya akan membahas mengenai penggunaan antivirus ganda pada komputer baik antivirus lokal dan antivirus import. Sangat sering sekali kita melihat dalam kehidupan sehari-hari ada sebuah komputer menggunakan antivirus lokal maupun import berjumlah 2 atau bahkan lebih daripada itu. Mengapa kita memasangnya? Tentunya kitra berangan-angan agar mendapatkan keuntungan dari masing-masing antivirus tersebut. Sebab akan ada perlindungan ganda dalam komputer kita. 
Namun menurut saya penggunaan antivirus yang banyak dapat menyebabkan lemotnya kinerja komputer kita sebab si antivirus ini akan melakukan proteksi dan akan memakan ram. Selain menyebabkan kinerja menjadi lemot, pada saat proses startup kita dapat merasakan betapa lamanya proses startup jika komputer kita menggunakan banyak antivirus. Bahkan dampak yang lebih vatal komputer kita akan mengalami crash. 

Coba bayangkan, saat sebah file terdeteksi sebagai virus oleh dua antivirus atau lebih pada saat bersamaan, nah antivirus manakah yang akan melakukan pengkarantinaan dan pembersihan. Jika salah satu antivirus mendeletenya sedangakan antivirus lain mengkarantinanya maka masing-masing antivirus ini akan bentrok.

Oleh sebab itu saya menyarankan agar hanya menggunakan antivirus satu impor dan satunya lagi lokal, sebab masing-masing antivirus lokal dan import memiliki database yang berbeda. Kemarin saya mencoba menggunakan ARTAV dan SMADAV saat bersamaan, hasilnya adalah SMADAV tidak mau terbuka dan ARTAV mendeteksi file Brankas SMADAV sebagai virus. Sehingga saya memutuskan untuk menguninstall salah satu dari antivirus ini. Begitupula saat saya menggunakan AVIRA dan NOD32 pada saat yang bersamaan, komputer saya nyaris tidak bisa melakukan apa-apa, terpakasa saya harus memencet tombol power agar komputer saya dapat shutdown,dan selanjutnya saya menguninstall salah satu antivirus ini pada Safe Mode (Pada saat dihidupkan pencet F8).

Dari pengalaman saya mencoba coba antivirus saya memutuskan untuk menggunakan cukup 2 antivirus saja, yaitu 1 antivirus lokal dan 1 antivirus import. Semua antivirus itu bagus asalkan selalu UPDATE. Saya sekarang menggunakan Smadav Pro dan NOD32. Dan hasilnya komputer saya dapat berjalan dengan baik tanpa ada istilah LEMOT.

Sekian pengalaman dan tips dari saya, jika ada kata atau kalimat yag tidak berkenan saya mohon maaf. Akhir kata saya ucapkan Paramasanthi

Om Santhi Santhi Santhi Om

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sehat dan jangan berbau SARA. Ingat anda menjelek-jelekkan orang lain berarti anda menjelek-jelekkan diri anda Sendiri (TAT TWAM ASI). GO GAGERS